ALIFIAN FIRMAN PURNAMA / ADMIN FIAN

Minggu, 03 Maret 2013

Lupa file disimpan dimana … (Part 1)

Leave a comment
Pengguna Excel yang berbahagia …
Mungkin anda sering menghadapi problem … yaitu lupa disimpan di folder mana atau nama file excel yang baru saja, kemarin atau beberapa hari yang lalu anda bekerja dengannya.
Pada bagian ini saya beri judul lupa file disimpan dimana …
Untuk tips pertama adalah :
1. klik Start pada taskbar
2. arahkan mouse keatas menu My Recent Documents, akan dimunculkan
3. pilih file yang anda cari pada display seperti gambar dibawah

Semoga membantu
Note : My Recent Document ini berlaku untuk semua type file, tidak hanya ber-extention xls dan me-record 15 file terakhir diakses

Belajar Macro Dasar : Edit Hasil Record Macro

21 Comments
Halo semua..!
Beberapa hari yang lalu kita sudah belajar membuat macro excel dengan merekam macro (record macro). Nah, hari ini, kita akan melanjutkan cara mengedit macro yang sudah kita rekam.
Karena ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya, sebaiknya kita me-review sekali lagi apa yang sudah kita pelajari di artikel sebelumnya dengan klik disini.
Jadi project kita kali ini adalah:
Bila sebelumnya kita memiliki data dengan jumlah row (baris) yang sama, maka kali ini, kita harus mengatur format data penjualan yang memiliki jumlah row yang berbeda-beda.

Artinya, format antara satu file dengan file yang lain akan berbeda-beda. Akibatnya, kita tidak akan bisa menggunakan template macro yang sama untuk masing-masing file. Untuk itu, kita harus meng-edit hasil rekaman macro agar bisa digunakan untuk setiap file-file yang berbeda-beda.
More

Belajar Macro Dasar : Cara menggunakan Record Macro

22 Comments
Hari ini, kita akan mencoba belajar Macro yang paliiiiiing Dasar. Yaitu menggunakan fasilitas “Record Macro”.
Sebelumnya, tentu kita harus memiliki project dan project kita kali ini adalah:
Katakanlah, kita memiliki data penjualan harian dalam Excel. Dan setiap hari, akan ada 1 file excel. Maka bisa dibayangkan ada berapa file excel dalam 1 tahun..?
Data penjualan ditiap file excelnya adalah sebagai berikut (ini cuma contoh, so kita sederhanakan saja ya..):

Dan Boss kita meminta supaya tiap-tiap file di atur formatnya agar rapi seperti berikut:
More

Bagaimana memulai belajar Macro dan VBA Excel..?

9 Comments
Sering kali kita bertanya pada diri sendiri, harus mulai dari mana ya, untuk belajar Macro dan VBA Excel..?
Karena terlalu sering bertanya, akhirnya bingung dan malas untuk memulai. Padahal, hal pertama yang harus dilakukan bila ingin mempelajari Macro dan VBA Excel adalah “Mulai mencoba”. Nah, biar tidak bingung dan terlalu bertanya-tanya, berikut adalah tips-tips bila ingin belajar Macro dan VBA Excel.
More

Menulis langsung pada beberapa sheet

Leave a comment
Pecinta Excel, semoga ini bukan info baru buat bro & sis …
Ini cara untuk create atau edit text atau value pada cell yang sama pada beberapa sheet
(contoh pada file dengan sheet HP-May, HP-Maret, HP-April dan Forecast)
yaitu ngedit text Serie menjadi Model pada setiap cell di semua sheet yg anda ingin edit, mungkin yang termudah anda
lakukan adalah copy dan paste di setiap sheet yang ada … cape deh
Coba geh cara dibawah … :
More

Print : Entire Workbook & Active sheet(s)

Leave a comment
Hi, ketemu lagi
Fungsi Entire workbook pada Print dialogue box adalah … printing untuk semua halaman yang ada pada excels sheet.
Cocok untuk laporan atau database seperti gambar dibawah …
Nah gimana kalo pengen printing hanya May-April-Maret … forecast-nya ga usah … ?
Jawabnya :
1. Tekan key Ctrl
2. Klik kiri tab sheet HP-May, HP-Maret, HP-April saja
3. Klik menu File > command Print …
4. Pilih Active Sheet(s) pada Print dialogue box
5. Klik OK
Selamat mencoba
:D

mengumpulkan data ke kiri

Leave a comment
Pernahkah anda menemukan case seperti dibawah :

Data mentah anda seperti diatas dimana tidak semua cell terisi dengan angka atau teks.
Data yang telah diolah  atau yang diharapkan seperti dibawah dengan cara manual menggeser semua nilai dalam cell dengan cara mengumpulkan data ke cell yang kosong disebelah kirinya seperti dibawah.

Hal paling mudah adalah dengan move semua data kekiri yang kosong satu persatu atau dengan cara menghapus setiap cell yang kosong …. tapi pasti ribeet dech.
Cara manual yang praktis untuk case diatas adalah sbb:
  1. blok area semua data
  2. tekan tombol F5
  3. klik special
  4. pilih blanks lalu OK
  5. klik kanan di salah satu cell yang ter-select
  6. pilih delete cells’
  7. pilih shift cell left
  8. dan OK
semoga membantu … :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar